Inilah Jenis Jenis Touchscreen dan Pentingnya Service Center Official


Teknologi semakin canggih namun seperti smartphone/ HP ,namun kerap kali karena kecerobohan sang pengguna HP tersebut jatuh dan layarnya pecah dan hp tersebut tidak berfungsi normal, Jalan satu-satunya yaitu mengganti layar tersebut dengan yang baru ,perlu anda ketahui jika ingin mengganti layar tidak bisa mengganti dengan sembarangan panel layar .dan kali ini saya ingin membahas jenis-jenis touchscreen .
Berikut beberapa jenis layar pada smartphone
•LCD (Liquid Crystal Display)
•IPS-LCD (In-Plane Switching Liquid Crystal Display)
•OLED (Organic Light-Emitting Diode)
•AMOLED (Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode)

Di postingan ini saya tidak akan membahas spesifikasi tentang tipe layar tersebut namun saya akan membahas "touchscreen".
Kembali ke topik mengapa service Di official service center atau tempat servis resmi itu penting ? Apa saja alasan nya?
1. Biaya bisa lebih mahal kalau kita service bukan di tempat resmi
2. Sudah pasti kualitas dan kuantitas akan jauh lebih buruk jika bukan kualitas original
3.jaminan garansi
Loh bukan nya di service center lebih mahal ya ? Oke.. memang kita semua beranggapan seperti itu .. namun saya akan jelaskan mengapa biaya di official servis center lebih murah..
Anggap saja handphone anda rusak tetapi hanya touchscreen nya saja yang rusak namun lcd layar nya tidak.. lalu bisakah kita service touchscreen nya saja ?
Jawaban nya bisa ya dan bisa tidak..
Ada 3 jenis touchscreen pada smartphone
Yaitu
1.Removable/terpisah
Jenis ini banyak di temukan pada teknologi layar IPS-LCD dan LCD
2.Terpisah namun tidak dapat di pisah
Jenis touchscreen menjadi pengganti tipe removable untuk teknologi IPS karena lebih durable
3. Built in/menyatu dengan lcd .. seperti amoled contoh nya..

Jika handphone yang anda gunakan jenis removable .. jawaban nya sudah pasti bisa.. karena touchscreen dan lcd terpisah dan dapat di pisahkan
Contoh: Samsung galaxy V,Sony Xperia M2
Jika tipe smartphone anda memiliki touchscreen terpisah namun tidak dapat di pisahkan jawaban nya antara 30-70
Contoh, Xiaomi MI 5
Maksud nya terpisah dan tidak dapat di pisah itu gimana ?
Jika tipe touchscreen removable.. LCD dan touchscreen bisa di pisah , arti nya tidak ada lem/perekat yang menempel pada lcd dari touchscreen itu sendiri , sehingga jika kita membongkar nya hanya terdapat lem di bagian sisi samping touchscreen yang menempel pada bagian bazzel yang memang di buat untuk di copot dan di pasang kembali.. cara mencopot nya pun cukup mudah.. kita hanya perlu memanaskan bagian touchscreen dan melepas nya perlahan.. hanya kemungkinan kecil resiko merusak lcd pada saat proses pencopotan touchscreen pada tipe removable .. jadi mungkin anda bisa mempraktekkan nya langsung sendiri
Nah kembali ke tipe layar yang terpisah namun tidak dapat dipisahkan, arti nya layar lcd dan touchscreen ini memang terpisah.. namun tidak di design untuk di pisahkan.. di bagian antara touchscreen dan lcd terdapat lem perekat, biasa nya jenis lem yang di pakai adalah lem UV/ultraviolet .. yang artinya akan sangat sulit untuk mencopot nya.. oke anggap saja kita akan melakukan pencopotan pada tipe touchscreen ini.. apa saya yang perlu di siapkan..
1. Skill yang sangat tinggi karena dalam proses ini kita akan melakukan
-pemanasan pada bagian touchscreen/pembekuan pada seluruh bagian lcd
-pemisahan antara lcd dan touchscreen
Resiko
a. Kemungkinan merusak lcd sangat tinggi karena kita harus benar benar melakukan nya dengan presisi..
b.proses instalasi touchscreen kemungkinan besar bisa cacat
2.Alat
a.solder uap/freezer
b.seperangkat alat basic service
c.Lem UV
d.pengering lem UV
Oke cukup sampai di sini persiapan nya.. saya tidak akan membahas cara mempraktekkanya.. karena bukan itu tujuan postingan ini, anggap saja anda sudah berhasil memisahkan antara lcd dan touchscreen , namun kesulitan tidak sampai di situ anda juga harus benar benar tidak melakukan kesalahan pada proses instalasi touchscreen baru pada lcd.. karena lem UV yang di pakai sehingga jika ada sedikit kesalahan anda harus melakukan pencopotan dari awal lagi..
Berapa biaya untuk melakukan itu semua ?
Skill yang sangat mumpuni dapat anda peroleh dari les sekolah khusus teknik sekitar 10jt+ waktu 3 bulan, terlalu mahal?
Oke anda juga masih memperoleh skill dari berbagai sumber YouTube dan google dengan biaya 50rb/bulan + 6 bulan waktu + 500rb untuk sekali praktek..
Ribet mahal + lama ? Oke Anggap saja anda adalah sang ahli dalam bidang ini, berapa banyak biaya nya ?
Lem UV 30rb
Touchscreen 150rb
Alat pengering lem UV 300rb
Solder uap 500rb
Atau freezer 5jt
Total biaya yang anda keluarkan sudah hampir 1jt itu pun tidak termasuk freezer..
Data di atas adalah estimasi data untuk mengganti touchscreen pada Xiaomi redmi note 3.. fikirkan kembali, jika anda service Di galeri resmi anda hanya cukup mengeluarkan kurang dari 1jt+ terima beres.. tanpa perlu menunggu lama dan ribet..
Lalu di mana pembahasan service Di servis center resmi ?
Oke Anggap saja handphone anda Xioami redmi note 3 dan anda ingin mengganti layar lcd anda beserta touchscreennya
Biaya untuk service berdasarkan pengalaman saya yaitu 500rb terima beres
Jika service Di konter yaitu sekian 250-400rb
Di mana lebih murah nya ?
•KUALITAS
Karena jika kita memperbaiki di tempat resmi kita akan mendapatkan kualitas yang sama seperti bawaan pabrik, jika di bandingkan dengan konter.. kualitas nya jauh lebih buruk dari pada original.. oke anggap lah ada konter yang menjual kualitas original.. harga yang saya sebutkan tadi yaitu 250rb-400rb itu adalah harga kualitas kw.. artinya jika kita memilih untuk yang kualitas original harga nya bisa 2x lipat dari harga kw kalau servis di konter
•DURASI & GARANSI
Jika kita servis di galeri resmi maka kita akan mendapatkan kualitas terbaik dan sesuai dengan spesifikasi handphone.. misalnya handphone anda di lindungi oleh kaca gorila glass 3.. maka kita akan mendapatkan perlindungan itu kembali jika kita servis di tempat resmi, namun jika anda memilih kualitas kw, mungkin kualitas lcd dan touchscreen akan sama.. namun tidak dengan perlindungan layar bisa saja yang di pakai hanya kaca biasa.. atau bisa saja perlindungan layar nya sama dengan original namun kualitas lcd tidak sama.. nama nya juga KW pasti tidak akan sama dengan original..
Dan pastinya garansi,official service center berani menjamin garansi karena mereka memang memakai produk asli.. jadi tidak ada kerugian yang di dapat karena jika asli sudah pasti awet dan tahan lama ..
Jika kita service Di konter .. banyak yang memberikan garansi.. tetapi tidak selama seperti yang resmi.. karena pihak konter pun tau kalau kualitas original dan kw itu berbeda.. maka dari itu kebanyakan konter memberikan garansi paling lama hanya 1-3minggu dengan batasan klaim garansi.. artinya jika anda sudah mengklaim garansi dengan batasan yang di berikan konter tersebut.. maka garansi anda sudah habis
Walaupun waktu garansi masih panjang..
Dan hal terkahir adalah kesempurnaan pada layar.. hal ini sangat sering terjadi . mungkin hampir semua pengguna smartphone pernah mengalami ini, jika kita service Di konter. kemungkinan besar ada kecacatan pada proses instalasi, entah itu layar miring, kotor, tidak presisi, lem berlebihan, masih belum rapat dan banyak hal lainnya.
Oke saya bukan meremehkan kalangan teknisi konter tetapi memang itu fakta nya karena banyak faktor yang mempengaruhi.. bukan karena tekisi nya kurang ahli tapi bisa saja karena terlalu buru buru karena banyak kerjaan atau lainnya.beda dengan official service center.mereka hanya mempekerjakan teknisi yang benar benar profesional dan sangat berskill tinggi dan mereka punya banyak pekerja,sehingga resiko kecacatan pemasangan sangat kecil.
Oke sampai di sini pembahasan kali ini..
Di artikel selanjutnya saya akan membahas spesifikasi lcd pada handphone, jenis jenis lcd beserta kekurangannya..
Oke sekian terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Jenis Jenis Touchscreen dan Pentingnya Service Center Official"

Posting Komentar