Pengertian Fiber Optik Beserta Fungsi, Prinsip Kerja, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian Fiber Optik
Kabel Fiber Optik (FO) adalah jenis kabel yang berfungsi mengubah sinyal listrik menjadi cahaya dan mengalirkannya dari satu ke titik yang lain. Bahan utama dari kabel jenis Fiber Optik ini adalah dari serat kaca dan plastik yang sangat halus, bahkan lebih halus dari sehelai rambut manusia. Beda halnya dari kabel lain yang memakai bahan dari tembaga.

Terdapat dua jenis mode transmisi yaitu Single Mode dan Multi Mode, Single Mode yang memanfaatkan sinar laser sebagai media transmisinya, sedangkan Multi Mode menggunakan media LED. Jenis kabel fiber optik ini biasanya lebih sering digunakan pada suatu instalasi jaringan dengan kelas menengah hingga ke atas.

Fungsi dan Prinsip Kerja Fiber Optik

Fiber Optik  berfungsi sama dengan kabel-kabel lainnya, yaitu untuk menghubungkan komputer atau perangkat jaringan satu ke perangkat jaringan yang lain. Yang membedakan kabel ini adalah memiliki kecepatan akses yang tinggi sehingga kecepatan transfer datanya pun juga lebih cepat. kabel ini biasanya digunakan untuk operator telekomunikasi dan jaringan yang membutuhkan transfer data tinggi.

Fiber optik memiliki cara kerjanya sendiri yang membedakannya dengan kabel twisted pair atau kabel coaxial. Kabel fiber optik dibuat dari serat kaca dan dilapisi dengan kaca bukan tanpa sebab karena kabel ini mengubah sinyal listrik menjadi gelombang cahaya dengan fungsi cermin di dalam kabel. Dengan kemampuan untuk mengkonversi sinyal listrik, maka fiber optik memiliki kelebihan untuk mengurangi efek terhadap gangguan gelombang frekuensi elektrik. Maka dari itu fiber optik sangat cocok digunakan untuk ditempatkan di area dengan gelombang elektrik tinggi. 
Prinsip dasar dari fiber optik ialah mentransmisikan pancaran cahaya yang merambat didalamnya. Prinsip ini terpusat pada cara kerja serat optik yang membatasi sudut di mana gelombang cahaya dikirim untuk mengontrol secara efisien sampai ketujuan, yang mana gelombang cahayanya ditutupi dengan inti dari fiber optik itu sendiri.

Karakteristik Fiber Optik

  • Beroperasi pada kecepatan tinggi (gigabit per detik)
  • Mampu membawa paket-paket dengan kapasitas besar
  • Biaya rata-rata pernode cukup mahal
  • Media dan ukuran konektor kecil
  • Kebal terhadap interferensi elektromagnetik
  • Jarak transmisi yang lebih jauh ( 2 - 60 kilometer)
Kelebihan dan Kelemahan Fiber Optik
Kelebihan:

  1. Kecepatan laju data sangat tinggi bisa mencapai 1000 mbps.
  2. Mampu mengirimkan sinyal lebih jauh tanpa harus menggunakan alat penguat sinyal.
  3. Material kabel lebih awet dan tahan terhadap gangguan kondisi lingkungan seperti panas dan kelembaban udara. 
Kekurangan:
  1. Proses instalasi cukup mahal dibandingkan instalasi jenis kabel yang lain, karena memerlukan alat khusus dan perangkat elektronik yang cukup mahal.
  2. Diperlukan teknisi khusus dalam menangani kerusakan karena harus mengerti menggunakan alat-alat khusus untuk fiber optik, dengan demikian diperlukan penambahan biaya.
  3. Kemungkinan masih adanya loss data pada jarak yang sangat jauh, sehingga diperlukan repeater untuk mengurangi terjadinya loss. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Fiber Optik Beserta Fungsi, Prinsip Kerja, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan"

Posting Komentar