Session Initiation Protocol (SIP)

1# Tahapan Pembangunan Komunikasi Multimedia Dengan SIP

Pembangunan suatu komunikasi multimedia dengan SIP dilakukan melalui beberapa tahap :

  1. User location : menentukan lokasi pengguna yang akan berkomunikasi.
  2. User availability : menentukan tingkat keinginan pihak yang dipanggil untuk terlibat dalam komunikasi.
  3. User capability : menentukan media maupun parameter yang berhubungan dengan media yang akan digunakan untuk komunikasi.
  4. Session setup : “ringing”, pembentukan hubungan antara pihak pemanggil dan pihak  yang dipanggil.
  5. Session management : meliputi transfer, modifikasi, dan pemutusan sesi.

2# Isi Pesan SIP Dalam 2 Format (RCF 3261) 

Isi pesan di dalam SIP didefinisikan dalam 2 format (RFC 3261), yaitu seperti :
  1. Request :dikirim dari client to server, berisi operasi yang diminta oleh client.
  2. Response :dikirim dari server ke client, berisi informasi tentang permintaan status dari client.
3# 6 Tipe Utama Pesan Permintaan Dalam SIP

Ada 6 tipe utama pesan permintaan seperti di bawah ini:
  1. INVITE: mengindikasikan jika user atau layanan sedang diundang untuk bergabung dengan sesi.
  2. ACK: mengkonfirmasi jika client sudah menerima respon terakhir untuk permintaan invite, dan hanya digunakan di permintaan REQUEST. 
  3. OPTION: digunakan untuk mempertanyakan server tentang kemampuannya
  4. BYE: dikirim oleh client user agent untuk mengindikasikan server jika percakapan akan segera dimatikan.
  5. CANCEL: untuk membatalkan permintaan yang sedang menunggu keputusan
  6. REGISTER: digunakan oleh client untuk mendaftarkan informasi kontak Respon pesan berisi kode status dan informasi tentang kondisi permintaan.
4# 6 Kode Dalam SIP

kode ini dibagi menjadi 6 macam:
  1. 1xx : Provisional, permintaan sudah diterima dan sedang diproses
  2. 2xx : Success, permintaan sudah diterima, dimengerti dan disetujui.
  3. 3xx : Redirection, butuh tindakan lebih lanjut untuk memproses permintaan
  4. 4xx : Client Error, permintaan salah syntax dan tidak bisa diidentifikasi jadi server tidak bisa memprosesnya.
  5. 5xx : Server Error, server gagal untuk memproses permintaan.
  6. 6xx : Global Failure, permintaan sama sekali tidak bisa diproses di server manapun.
5# Komponen Arsitektur User Agent dan Servers

Arsitektur dari SIP terdiri dari dua komponen yaitu user agent dan servers. User agent merupakan endpoint dari sistem dan memuat dua subsistem yaitu user agent client (UAC) yang membangkitkan request dan user agent server (UAS) yang merespon request.
SIP server adalah kesatuan fungsi logic, dimana tidak perlu memisahkan alat secara fisik. Fungsi dari empat server tersebut yaitu:
  1. Proxy Server : merupakan host jaringan yang berperan sebagai perantara yang bertujuan untuk meminta request atas nama client yang lain. Proxy harus bertindak sebagai server dan client, dia harus mengarahkan SIP request pada user agent server, dan mengarahkan SIP respons pada user agent client . Proxy server juga berfungsi untuk melakukan routing, memastikan request disampaikan pada yang berhak menerima, dan juga membuat kebijakan seperti menyakinkan bahwa pemakai tertentu diijinkan untuk melakukan panggilan.
  2. Redirect Server: merupakan kesatuan logika yang mengarahkan satu klien pada perangkat pengganti dari Uniform Resorce indicators (URIs) untuk menyelesaikan tugas request.
  3. Registrar Server : menerima dan memproses pesan pendaftaran yang mengijinkan lokasi dari suatu endpoint dapat diketahui keberadaannya. Registrar Server ini kerjanya berhubungan dengan Location Server.
  4. Location Server : menyediakan service untuk database abstrak yang berfungsi mentranslasikan alamat dengan kata / keterangan yang ada pada domain jaringan.
6# Protokol SIP

Protokol SIP didukung oleh beberapa protokol, diantara lain:
  1. IETF Session Description Protokol (SDP), merupakan protokol yang mendeskripsikan media dalam suatu komunikasi. Tujuan protokol SDP adalah untuk memberikan informasi aliran media dalam satu sesi komunikasi agar penerima yang menerima informasi tersebut dapat berkomunikasi.
  2. IETF Session Annoucement Protocol (SAP), merupakan suatu protocol yang setiap periode waktu tertentu mengumumkan parameter dari suatu sesi konferensi.
  3. IETF Real-Time transport protocol (RTP), menyediakan transfer media secara real time.
  4. Real-Time Control Protokol (RTCP), mengatur sesi secara periodik mentrasmit paket yang berisi feedback atas kualitas dari distribusi data.
  5. ITU_T Codec merupakan algoritma pengkodean yang direkomendasikan, seperti G.723.1, G711, G.728, dan G.729 untuk audio, atau H.261 untuk video.
7# Aplikasi dan Kelebihan VOIP
  • Aplikasi
  1. Voice over Internet Protocol (VoIP)
  2. Konferensi multimedia
  3. Text - messaging
  4. Event - notification  -> voicemail notification, callback notification
  5. Unified Messaging - > voicemail2email
  • Kelebihan  
1.General - purpose
SIP dapat diintegrasikan dengan protokol stadar IETF lainnya untuk membuat
suatu aplikasi yang berbasis SIP.
2.Arsitektur yang terdistribusi dan scalable  
- Proxy - server
- Redirect - server
- Registrar - server
- Location - server
3.Sederhana 
Pengiriman message berbasis HTTP (text-based), bukan binary - based.
Hal ini menyebabkan SIP mudah diimplementasikan.
4.Mobility
- Seorang pengguna dapat menerima message/call yang ditujukan kepadanya.
meskipun berpindah dari satu lokasike lokasi lainnya. Proxy - server akan 
meneruskan call ke lokasi pengguna pada saat ini.
- Device yang digunakan dapat berupa PC, baik di rumah maupun di kantor,
 wireless phone, IP - phone, ataupun telepon biasa.
5.Layanan dapat dibuat dengan Call Processing Language 
(CPL) dan Common Gateway Interface (CGI), antara lain :
- call waiting, call forwarding, call blocking (basic feature)
- call - forking (melakukan call kepada beberapa endpoint)
- Instant - messaging
- Find - me / follow-me

8# Tahapan Implementasi SIP
Pada umumnya ada 3 tahapan implementasi SIP yang dapat dijelaskan sebagai berikut :
  1. Menghubungkan SIP Proxy ke existing PBX
  2. Migrasi User dan terminal ke SIP Proxy
  3. Migrasi koneksi ke PSTN dari existing PBX ke SIP

  • Step 1: Tahap pertama adalah menghubungkan SIP proxy dengan PBX system existing sebagai gateway ke PSTN. Untuk menghubungkan dari IP Network ke PSTN, SIP proxy akan me-routing-kan seluruh panggilan dari panggilan VoIP ke PSTN. Link koneksi bisa menggunakan PRI ISDN maupun T1. Pertama yang harus dilakukan adalah setup SIP proxy (SIP call manager), setelah set-up berjalan dengan baik, selanjutnya tinggal menghubungkan ke PBX existing dengan link ISDN, E1 atau T1.
  • Step 2 : Tahap selanjutnya adalah migrasi existing user dan services ke SIP. Migrasi semua handset ke SIP baik menggunakan gateway maupun mengganti dengan handset yang native SIP. Pendekatan dengan menggabungkan keduanya biasanya menjadi pilihan yang baik. Selanjutnya adalah set-up SIP application server untuk mengakomodasi fitur-fitur yang dibutuhkan user seperti voice mail, multi-party conferencing, IVR, fine me follow me dan masih banyak lagi fitur yang disupport SIP.
  • Step 3 : Tahap 3 adalah melakukan routing panggilan ke luar melalui koneksi internet.Banyak  operator memulai menjual SIP based dengan menawarkan layanan long distance dengan harga yang lebih murah. Yang perlu diantisipasi adalah nature network  internet yang unpredictable (seperti jitter dan error rate) dan tentu saja security. Sebagai tahap awal SIP dapat digunakan sebagai alternatif untuk melakukan panggilan ketika diluar kantor atau teleworkers. 
Sumber and Thank To monacindo




Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Session Initiation Protocol (SIP)"